Jumat, 12 Juli 2019

Ingin Menggunakan Dana Tunai Kredit Tanpa Agunan? Berikut Ini Tipsnya


Dana tunai pinjaman memang beragam sekali jenisnya. Salah satu jenis dana pinjaman yang sering digunakan dalam memenuhi kebutuhan adalah Kredit Tanpa Agunan. Seperti namanya saja, kredit yang satu ini berbeda dengan kredit dana pinjaman yang biasanya Anda gunakan. Perbedaannya terletak pada tidak adanya agunan atau jaminan yang harus diberikan ke perusahaan jika Anda ingin menggunakannya.

Memang umumnya, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dana untuk modal usaha atau hanya untuk memenuhi kebutuhan tersier, Anda harus memberikan jaminan atau agunan kepada perusahaan yang memberikan pinjaman. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengembalikan dana yang dipinjam. Namun, ternyata ada pula kredit yang tidak memerlukan agunan atau jaminan sama sekali yang tentunya sangat menarik.

Meski demikian, ternyata Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini sering kali menjebak para penggunanya. Banyak yang masih bepikir bahwa karena tidak dikenakan jaminan apapun, mereka bisa menggunakan dengan sepuasnya, bahkan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Hasilnya, justru hutang lah yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan KTA secara bijak dan tidak akan merugikan.

Pastikan Anda Menggunakan Dana Tunai KTA dengan Tujuan yang Bijak

Karena tidak adanya jaminan yang harus diberikan oleh pengguna, biasanya Anda akan terlena dengan fasilitas tersebut. Padahal, justru hal itulah yang akan membuat rugi di kemudian hari. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan dana pinjaman KTA, Anda harus bisa menentukan kebutuhan Anda yang mana yang akan dibayar menggunakan dana KTA yang Anda pilih ini.

Pastikan Anda menggunakan dana pinjaman KTA ini hanya untuk membayar kebutuhan-kebutuhan mendesak di rumah tangga. Misalnya saja kebutuhan seperti renovasi rumah, kebutuhan pengobatan, kebutuhan untuk memperbaiki mobil yang cukup berat, atau kebutuhan untuk modal usaha yang akan Anda lakukan. Usahakan jangan menggunakan dana ini untuk kebutuhan tersier seperti membayar cicilan mobil, gadget, maupun kebutuhan lainnya.

Hindari menjadi pengguna yang konsumtif tanpa memikirkan dan mempertimbangkan dengan bijak dana KTA yang Anda gunakan. Meskipun tanpa jaminan, jika Anda terlalu konsumtif maka Anda yang akan rugi sendiri nantinya. Bunga yang diberikan KTA memang kecil jika Anda meminjam dana yang cukup besar. Namun berarti Anda harus sanggup membayar cicilan pinjaman Anda, sekaligus bunganya.

Ukur Keadaan Keuangan Anda Sebelum Menggunakan Dana Tunai KTA

Selain menentukan tujuan yang penting dan bijak sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan dana pinjaman KTA ini, Anda juga harus mengukur kemampuan diri untuk membayar cicilannya nanti. Hal ini penting mengingat Anda hanya dipinjami, bukan diberikan dana, sehingga Anda wajib untuk mengembalikannya nanti kepada perusahaan yang memberikan pinjaman dana KTA ini. 

Jika Anda ingin menggunakannya untuk modal bisnis, Anda harus bisa memutarkan keuntungan bisnis Anda nanti untuk membayar cicilan dana KTA yang digunakan. Tujuannya adalah agar Anda tidak terlalu lama terlilit ‘hutang’ dan dapat melunasi cicilan atau angsuran dana pinjaman dalam tempo yang ditentukan. Karena Anda tidak hanya membayar cicilan saja, melainkan juga bunganya.

Seandainya Anda mampu melunasi angsuran dana pinjaman melebihi tenggat waktu yang sudah ditentukan, memang Anda tidak akan mendapatkan tahanan apapun karena kredit ini tanpa agunan. Namun, bunga dari dana pinjaman yang Anda gunakan tentu saja juga akan bertambah seiring waktu. Tentu saja hal ini akan lebih memberatkan Anda sendiri. Karena itulah lunasi tepat waktu.

Pilihlah Produk Dana Tunai KTA dengan Baik

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan dana pinjaman KTA, tentu saja ada hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan, yakni membandingkan satu produk KTA dengan produk lainnya. Akan ada banyak sekali tawaran jenis KTA untuk Anda nantinya. Anda harus pintar-pintar memilih produk KTA mana yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda saat ini.

Anda bisa membandingkannya dari jangka pembayaran cicilan yang lama, besaran suku bunga yang dikenakan, biaya lain yang muncul, pinalti keterlambatan pembayaran, dan lainnya. Anda bisa mulai melihatnya di https://www.cekaja.com/kredit/ untuk berbagai jenis KTA yang bisa Anda pilih. Sekarang, Anda bisa mulai mempelajari dan segera menggunakan dana tunai ini untuk kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Intip Keuntungan dan kerugian Jika Anda Mengajukan Dana Tunai Cepat Tanpa Kartu Kredit

Apakah Anda sedang membutuhkan uang dalam waktu dekat? Jika ia, Anda tak perlu bingung, karena sekarang ada dana tunai cepat tanpa kartu...